Selasa, 19 April 2016

Meningkatkan Kreativitas Anak Dengan Bermain Peran

Meningkatkan kreativitas anak melalui permainan sangat efektif, diantara permainan yang bisa dipraktekan bersama adalah bermain peran. Bermain peran berbagai profesi yang sudah akrab di dunia anak-anak seperti dokter, tentara, insinyur, presiden, polisi dan berbagai profesi lainnya yang sudah tidak asing dan sering dijadikan cita-cita bagi tiap anak.
meningkatkan kreativitas anak
Berimajinasi menjadi karakter yang lain terbukti dapat merangsang kreativitas anak, membuat anak belajar berempati, serta mengasah keterampilan sosialnya.

Jadi, apa saja sih keuntungan yang akan didapat dari bermain peran ini?

1. Belajar perspektif yang berbeda

Bermain peran bisa mendorong perkembangan sosial karena anak berpura-pura berperan menjadi diri sendiri dan juga orang lain. Sehingga hal ini akan membantu anak untuk menjelajahi dunia dari perspektif berbeda dan juga membutuhkan pemikiran dari dua arah pada waktu bersamaan.

Ketika anak berperan sebagai seorang dokter, dia harus membayangkan apa yang akan dilakukan ketika ada pasien datang, bagaimana cara memeriksa pasien dan bagaimana cara berkomunikasinya.

2. Mengasah kemampuan berkomunikasi

Ketika anak bermain peran dengan oranglain, mereka harus memperhatikan perilaku orang lain itu dan juga tindakan apa yang harus dilakukan. Mereka juga akan memperhatikan sinyal dari lawan mainnya dan belajar bagaimana meresponnya.

Komunikasi semacam itu sebenarnya terjadi dalam interaksi di dunia nyata. Tetapi saat anak bermain fantasi, kemampuan ini lebih terasah. Anak belajar cara berkomunikasi, negosiasi, kompromi, kerja sama, dan koordinasi, agar permainan terus berlanjut.

3. Meningkatkan rasa percaya diri anak

Beberapa hasil penelitian menunjukkan, bahwa anak-anak yang kompeten biasanya lebih tertarik melakukan permainan peran. Anak yang mudah bergaul dan juga cerdas juga biasanya memiliki daya jelajah imajinasi yang luas.

Oleh karena itu, bermain peran memiliki manfaat yang sangat bagus untuk perkembangan anak. Jika tiba-tiba anak meminta kita menemani mereka dalam bermain peran maka jangan pernah kita menolaknya karena hal ini memiliki manfaat untuk anak-anak. 
Dan tentunya masih ada berbagai macam cara lain untuk meningkatkan kretaivitas anak seperti 5 cara meningkatkan kretaivitas anak ini.

Supported by: griyamainan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar