Sabtu, 09 April 2016

8 Konsep Diri Pembentuk Karekter Anak yang Positif

Pentingnya konsep diri

Konsep diri amat penting agar anak mampu mengembangkan karakter positif yang ada dalam dirinya. Ada pun yang dimaksud dengan karakter adalah :
  1.  Kepribadian
  2. Sifat-sifat yang melekat
  3. Pengetahuan dan keahlian
  4. Nilai-nilai (values)
  5. Peran dan status.

Dalam proses tumbuh kembang, konsep diri seperti apakah yang harus dimiliki oleh anak usia sekolah?

1. Identitas diri (Interpersonal attribute)

Yaitu kemampuan anak untuk mendeskripsikan identitasnya dengan baik. Disadari atau tidak, pertanyaan-pertanyaan yang sering kita lontarkan pada anak di usia balita akan memudahkan proses identifikasi anak di kemudian hari. Misal, “Anak Bunda yang cantik dan pintar ini, namanya siapa? Umurnya berapa tahun? Nama ayah dan bundanya siapa?”

2. Aspek eksistensial

Aspek eksistensiala merupakan  kemampuan anak untuk mengenali sifat dan karakter yang melekat padanya atau orang lain. Penting sekali untuk disadari, bahwa perkataan yang sering dilontarkan pada anak akan ikut membentuk karakter dan perilaku anak. Anak akan memiliki konsep diri sesuai dengan apa yang kita lekatkan padanya. Jadi, kita harus berhati-hatilah ketika memberi ‘label’ pada anak-anak kita. Seperti: memberikan label “bodoh” atau “tidak becus” karena anak tidak bias menyelesaikan pekerjaan sekolah dengan baik. Pelabelan ini akan membekas dan membentuk karakternya sampai ke depan. Baca: Macam-macam gaya belajar anak.

3.  Aspek karakteristik asal

Yaitu kemampuan anak mengenali atribut asalnya. Misalnya, aku anak laki-laki, usiaku 10 tahun, aku campuran orang Jawa dan Sunda. Aspek ini akan membantu anak dalam mengenali  karakteristik khas yang melekat pada dirinya.

4.  Aspek minat dan kegiatan

Setiap anak memiliki minat dan bakat yang berbeda. Alangkah berbahagianya anak yang memiliki orangtua yang memberi kesempatan yang luas bagi anaknya untuk mengembangkan bakat dan minatnya, sehingga anak bisa optimal mengembangkan kemampuan dirinya dengan sepenuh hati dan percaya diri. Memberikan dukungan terhadap perkembangan minat dan bakat anak akan membantu anak dalam menumbuhkan sikap dihargai dan merasa bermanfaat.

5. Prinsip hidup (self determination)

Tugas orangtua untuk membimbing anak agar memiliki konsep/prinsip hidup yang jelas. Ini akan membuat anak memiliki pondasi yang kokoh  dan koridor yang jelas sebagai tempatnya berpijak dan mengembangkan karakternya.

6. Keyakinan internal

Yaitu keyakinan yang dimiliki anak, bahwa ia bisa melakukan sesuatu dan mencapai tujuan yang diinginkannya. Keyakinan ini tidak tumbuh dengan sendirinya. Adakalnya anak memerlukan bantuan orang lain, terutama orangtua, untuk menumbuhkan keyakinan diri ini.

7. Kesadaran diri (self awareness)

Yaitu kesadaran yang muncul dalam diri anak mengenai dirinya. Misalnya, aku orang baik karena aku selalu patuh pada ayah-bunda dan rajin sekolah. Meskipun aku tidak pandai berenang, tetapi aku jago matematika. Kesadaran diri ini akan berkembang dengan baik jika orangtua tidak pernah memaksakan kehendaknya kepada anaknya sehingga anak memiliki kesadaran diri untuk mengembangkan kemampuan dan konsep dirinya.

8. Pembeda sosial (social differentiations)

Yaitu kemampuan anak dalam menilai kondisi sosial dirinya di dalam masyarakat dan lingkungannya.

Bila setiap anak mampu menjelaskan ukuran-ukuran konsep dirinya dengan baik dan orangtuapun mengetahui hal ini dengan baik serta menghargainya, maka cara pandang anak terhadap dirinya akan berbeda. Sehingga hal ini akan berpengaruh terhadap pola pandangnya terhadap lingungan sekitar.

Oleh karena itu, sebagai orangtua yang baik dan bijak hendaklah kita mulai memperlakukan anak sebagai individu yang berharga yang memiliki berbagai potensi untuk berkembang  menuju individu yang lebih baik, Hindarkan untuk memberikan penilaian atau “labeling” buruk yang akan membentuk karakter anak menjadi anak yang egois, susah diatur, pemarah, pemberontak dan karakter negatif lainnya.Tumbuhkan konsep diri yang positif pada anak kita dengan membantu dan mendukungnya sesuai dengan kebutuhannya.

Supported by: griyamainan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar