Senin, 22 Desember 2014

Manfaat Infused Water

Infused Water

Apakah anda pernah mendengar infused water? Infused water merukan trend dan cara baru dalam menikmati air putih dengan potongan aneka buah didalamnya yang didiamkan minimal 2 jam hingga sari-sarinya keluar. Selain memiliki rasa yang enak dan menyegarkan, infused water juga memiliki manfaat yang lain diantaranya sebagai penambah energy (energy booster) dan menurunkan berat badan serta untuk relaksasi dengan adanya sensasi aromaterapi dari buah-buahan tersebut. Sebaian orang ada yang menyebutnya dengan spa water. Spa water atau infused water bisa menjadi pilihan bagi anda yang tidak menyukai konsumsi buah-buahan secara langsung.
manfaat dan keuntungan infused water

Pada prinsipnya, manfaat yang akan didapat dari infused water hampir sama dengan mamfaat yang kita dapat dari buah yang terkandung di dalamnya, jadi sebelum menentukan buah apa yang akan dijadikan infused water anda bisa mencari informasi terlebih dahulu kandungan dan manfaat dari buah yang akan anda jadikan infused water. Tentunya tidak semua buah bisa dipadupadan untuk dijadikan infused water, biasanya buah-buahan yang dijadikan infused water adalah buah kategori asam/acid dan memiliki tekstur yang agak keras seperti apel, kiwi, mentimun, strawberi, anggur, jeruk nipis, lemon dan untuk menambah sensari segar bisa ditambahkan daun mint.

Kombinasi dan resep infused water  manfaatnya

  1.  Lemon dan jeruk nipis. Buah ini memiliki rasa yang asam dan mengandung vitamin C. Buah ini bisa dijadikan pilihan untuk menurunkan berat badan melalui pembakaran lemak dan membersihkan saluran pencernaan, mencerahkan kulit, mencegah bau mulut dan mengatasi mual.
  2. Kiwi dan strowberi. Bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskuler, menjaga kadar gula darah, memperlancar pencernaan dan menguatkan system kekebalan tubuh.
  3.  Teh hijau, daun mint dan jeruk nipis. Bermanfaat untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan, memperlancar pencernaan, mengatasi susah buang air besar, meredakan sakit kepala, dan menghilangkan bau mulut.
  4. Mentimun, jeruk nipis dan lemon.  Bermanfaat untuk mengontrol nafsu makan, mengurangi kembung, dehidrasi dan menjaga kesehatan system pencernaan.

Cara membuat infused water

  1. Pilihlah buah yang akan dijadikan bahan untuk membuat infused water dan dicuci bersih dengan air yang mengalir.
  2. Iris buah tersebut dengan ketebalan kira-kira 0,7 cm. untuk stroberi dan anggur cukup dipotong menjadi dua saja.
  3. Siapkan wadah atau botol minum yang sudah di cuci bersih dan masukkan air minum kira-kira 500 ml, lalu masukkan potongan buah ke dalam botol tersebut dan tutup rapat. Jangan menambahkan gula atau sirup karena kita akan mengambil kandungan alami dari buah-buahan tersebut.
  4. Simpan dalam lemari es minimal 2 jam agar kandungan alaminya keluar.
  5. Infused water siap di nikmati.
  6. Jika airnya habis maka bisa di isi ulang. Namun lebih baik menggantinya dengan bahan-bahan yang baru karena buah-buahan tersebut mudah mengalami pembusukan dan teroksidasi sehingga mengubah bau dan akan hancur jika disimpan dalam waktu yang lama.

Infused water bisa disimpan dalam kulkas  selama seminggu dalam kondisi tertutup rapat. Akan tetapi sebaiknya untuk menjaga keamanan dan citarasanya, maksimal infused water dapat disimpan selama 3 hari saja untuk menghindari buah menjadi lembek dan hancur.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, mari kita sayangi tubuh kita dengan mengkonsumsi makan yang sehat seperti buah dan sayuran dan menghindari hal-hal yang merugikan untuk kesehatan tubuh kita seperti merokok dan kurangi mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dalam jumlah yang banyak. Sayangi tubuh dan kesehatan kita dengan mengkonsumsi infused water.


Be healthy to enjoy your life.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar