Selasa, 19 April 2016

5 Cara Cerdas Menjadikan Anak Menjadi Kreatif

Anak dan Kreativitas

Anak adalah dambaan dan kebangaan tiap orangtua, makanya tidak sedikit orangtua memberikan fasilitas yang beragam untuk anaknya dengan tujuan semata-mata hanya ingin membahagiakan anaknya.
kreativitas anak
Miliki anak yang cerdas dan kreatif dengan segudang prestasi tentunya menjadi kebanggan tersendiri bagi orangtua, selain menumbuhkan kebanggan tentunya ini menjadi prestige tersendiri bagi orangtua.

Dalam mendukung pola asuh dan pola kembang anak menjadi anak yang kreaif dan cerdas tidak sedikit orangtua yang memberikan les tambahan untuk mendukung keinginannya dan hal ini kadang membenani anak.

Oke kembali topik bahasan...berbicara tertang kreativitas anak, tentunya banyak cara yang bisa dilakukan oleh orangtua dalam merangsang tumbuhnya kreativitas anak.

Berikut tips yang diberikan oleh Hackbright Academy yang bisa anda coba.

  1. Daftarkan si kecil ikut komunitas atau berlangganan majalah yang mendukung minatnya. Dengan begini, si kecil akan mendapatkan pengetahuan awal soal inovasi dan ide-ide yang ingin dikembangkan.
  2. Berikan contoh nyata. Agar dapat menjawab semua pertanyaan si kecil, Anda dapat memberinya contoh dan bersama-sama mengajaknya untuk menemukan jawabannya.
  3. Modifikasi cerita sebelum tidur Selain menceritakan kisah-kisah dongeng yang sudah akrab di telinga mereka, Anda dapat menambahkan kisah-kisah sukses terkait inovasi ke dalam cerita tersebut.
  4. Kembangkan pola pikir anak. Sampaikan mengenai konsep-konsep inovasi dan kreativitas pada anak.
  5. Pilih mainan yang membuatnya berpikir. Berikan mereka mainan edukatif yang mampu merangsang imajinasi dan daya kreativitasnya. Karena mainan edukatif memiliki berbagai manfaat untuk perkembangan kognitif, afektif dan psikomotorik anak.
Point nomor 5 menjadi titik berat dari kelima tips ini, dengan memberikan mainan edukatif kepada anak akan memberikan efek posiitf untuk anak. sebagi contoh misalkan mainan berbentuk puzzle ataupun balok, kedua mainan ini akan membantu anak dalam menciptakan kreativitasnya dengan membentuk aneka bangunan dari balok-balok yang ada sesuai dengan daya imajinasinya. Selain itu, memiliki manfaat juga dalam membantu koordinasi mata dan tangan, mengenal bentuk dan warna serta manfaat yang lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar